HomeStories

Memahami Masalahmu

24 August, 2021 - 3 min read

Beberapa dari kita atau bahkan semua (termasuk gue, sih) pasti memiliki masalah-masalah yang perlu diselesaikan dengan bantuan orang lain. Entah itu terkait masalah kuliah, kerjaan, ataupun perasaan.

Kita pasti akan meminta tolong kepada orang lain mulai dari hanya meminta untuk menjadi pendengar dari masalah yang kita hadapi sampai membantu menyelesaikannya.

Karna kita adalah makhluk sosial, yang pasti butuh bantuan orang lain dan mencoba untuk membantu orang lain. Bahkan dalam agama pun kita dianjurkan bahkan dituntut untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita.

Tapi, semakin berkembangnya teknologi. Duh lagi-lagi menyalahkan teknologi padahal kan gue ini banyak bergelut disitu, gimana sih. No no no, maksud gue adalah dampak yang dibawa dari perkembangan teknologi bagi sifat kita sebagai manusia.

Yang gue pikirkan itu kurang lebih gini, teknologi ada untuk memudahkan pekerjaan manusia, semakin berkembangnya teknologi berarti kita semakin mudah dalam menyelesaikan dan mendapatkan sesuatu atau istilah lainnya adalah instan.

Contohnya banyak dan harusnya lu juga udah tau apa aja.

Jadi sifat instan ini kebawa dan mempengaruhi hooman ketika minta tolong ke sesama spesiesnya buat nyelesain masalahnya. Pengennya dapet solusi yang tepat dan cepat.

Padahal tingkat pemahaman tiap manusia itu beda-beda, ada yang cepat memahami konteks masalah dan langsung mendapatkan solusinya lalu ada juga yang perlu waktu untuk memahami konteks dan mendapatkan solusinya.

Tapi ya gue yakin ketika masalah lu punya itu darurat atau butuh cepat diselesaikan, lu pasti ga bakal sempet mikir kesitu. Yang ada di benak lu pasti "gue kudu cari orang-orang yang gue anggap bisa nyelesain masalah gue".

Semua baik-baik aja sampe lu bilang kalo masalah lu dah diselesain sama orang lain padahal gue lagi coba cari tahu konteksnya.

Disclaimer, gue adalah orang yang membutuhkan waktu dalam memahami apapun yang sedang terjadi atau dan di hadapi, termasuk masalah lu yang membutuhkan bantuan gue untuk diselesaikan.

Bisa ngga ngasih waktu sebentar aja buat cari tau konteks dari masalah lu, karna gue bukan dukun, tony stark, superman, whatever they said. Cuman orang biasa dengan otak yang biasa.

Kalo emang lu ga paham sama masalah yang lu dapet, biarkan gue cari sebentar di buku atau google, gue cari apa masalahnya, kenapa masalah itu bisa ada, baru nyusun solusinya. Keliatannya kok saintifik banget sih, tapi ya begitu cara gue dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Mungkin awalnya gue coba inget-inget dulu apakah gue pernah ngalamin juga, karna kalo dah pernah ngalamin kan kemungkinan gue sedikit tau tentang kenapa dan bagaimananya.

Intinya kalo lu mau minta tolong ke gue, pasti bakal gue bantu sebisa gue. Cuman gue minta waktu sebentar buat mikirin itu, atau mungkin agak lama karna gue juga perlu nyelesain masalah gue sendiri.

Have a nice day!

© 2021, Built with ❤️ using

Gatsby